SPC Flooring: Beda vinyl terbaru vs vinyl lama?

Semakin terus majunya teknologi sangatlah membantu bagi para interior designer, terima kasih untuk hal tersebut.

Material lantai khususnya lantai vinyl memiliki pilihan dan kemungkinan lebih untuk ditawarkan. Ini disebabkan oleh pembaharuan terhadap lantai vinyl terbaru.

Apakah ada yang salah dengan lantai vinyl sebelumnya?

Tidak ada yang salah namun ada sedikit keterbatasan berdasarkan bentuk, daya tahan dan penggunaannya. Kalian akan mengetahui hal tersebut bila terus membaca artikel ini.

Lantai vinyl yang kita kenal di Indonesia, sedang populer dan memiliki jumlah penjualan cukup banyak di sektor material lantai motif kayu adalah satu jenis vinyl yang memiliki core (bahan dasar) polyvinyl chloride (PVC) dimana membuat lantai tersebut lentur dan flexible.

Kemudian hadir SPC flooring di Indonesia yang sudah dikenal dengan sebutan Rigid Core Luxury Vinyl yaitu lantai vinyl yang memiliki bahan dasar solid. Sebenarnya ada 2 yang masuk dalam kategori rigid core ini selain SPC yaitu WPC.

Jangan salah, WPC yang kami maksud adalah lantai vinyl WPC lain dengan decking WPC. Oleh karena itu bila sekarang Anda mencari “lantai WPC” di mbah google maka yang akan kalian temukan adalah decking WPC bukan vinyl WPC.

Apa itu SPC flooring dan WPC flooring? SPC adalah kepanjangan dari Stone Plastic (Polymer) Composite sedangkan WPC adalah Wood Plastic (Polymer) Composite. Dari kedua lantai vinyl terbaru ini SPC flooring memiliki kekuatan lebih sebab “S” sebagai stone composite.

Untuk lebih jelasnya lagi mengetahui perbedaan antara lantai vinyl PVC dan vinyl SPC akan lebih baiknya kita melihat dari berbagai macam kategori di bawah ini; (vinyl SPC vs vinyl WPC kemungkinan akan kami bikin artikel nya nanti)

Bentuk dan Motif Lantai Vinyl

Dalam kategori ini tidak ada yang terlalu berbeda melainkan semakin baiknya hasil print diatas permukaan kedua vinyl lantai tersebut.

Keduanya vinyl dan vinyl SPC plank memiliki motif yang menyerupai kayu, batu, keramik, marmer dan lain-lain.

Jika mencari perbedaannya mungkin hasil akhirnya akan terlihat lebih baik di atas SPC vinyl Plank yang tidak terkesan plastik.

Daya Tahan dan Stabilitas Lantai Vinyl

Hampir sama dengan lantai vinyl tradisional atau luxury vinyl (vinyl PVC) dimana pembuatan lantai vinyl ini melalui proses penyatuan layer menggunakan adhesive yang kemudian di press dengan kekuatan tinggi.

Begitu juga dengan vinyl SPC maupun vinyl WPC, namun material utama yang digunakan adalah material yang memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan PVC.

Proses pembuatan lantai vinyl ini pun ada sedikit perbedaan yaitu; untuk lantai vinyl PVC biasanya material utamanya sudah tersedia dalam bentuk layaknya vinyl roll namun polos tanpa motif, kemudian dilakukan pemotongan sesuai ukuran motif layer setelah itu diberi motif, wear layer, backing layer dengan media adhesive lalu di press satu persatu baru dipotong kembali sesuai dengan permintaan pasar.

Sedangkan untuk lantai SPC dan WPC mereka harus menyiapkan material inti terlebih dahulu dengan urutan proses peleburan material-material yang dibutuhkan bagi setiap vinyl hingga masuk mold (mesin pencetak) didinginkan dan menjadi material inti yang diinginkan.

Proses selanjutnya sama dengan vinyl PVC disaat pemotongan sesuai motif dan selanjutnya. Bedanya mereka bisa melakukan press bertumpuk tidak satu per satu.

Kekuatan Vinyl; Walaupun terlihat sama-sama tipis namun lantai vinyl SPC memiliki kekuatan lebih dibandingkan dengan lantai PVC.

Ketebalan; lantai vinyl PVC memiliki tebal mulai dari 0.5 hingga 5mm tergantung dengan jenisnya. Lantai SPC memiliki tebal mulai dari 3 sampai 8mm yang dari paling tipisnya sudah memiliki kekuatan yang lebih apalagi yang lebih tebal.

Kenyamanan; Lantai PVC terasa lebih nyaman di kaki dan tidak dingin dibandingkan dengan lantai SPC yang kokoh.

Daya Tahan; Kedua flooring ini sama-sama waterproof (anti air) berdasarkan materialnya. Namun lantai SPC memiliki kelebihan untuk tidak mudah berubah bentuk entah itu barang keras yang jatuh ataupun hak sepatu wanita. Keduanya tidak mengalami perubahan yang disebabkan oleh kelembaban.

Penggunaan Lantai Vinyl

Hadirnya lantai vinyl terbaru (SPC) ini pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan Pebisnis dan Pengusaha karena memang mereka membutuhkan lantai yang kuat namun memiliki tampilan yang indah dan tidak monoton di tempat bisnisnya.

Namun semakin kesini pemilik rumah juga melirik lantai SPC ini karena kemudahan dalam pemasangan, aneka ragam motif dan kekuatannya (Sebelum masuk ke Indonesia).

Perlu dicatat bahwa ketebalan lantai ini masih menjadi patokan dimana lantai vinyl ini akan dipasang bila kita berbicara mengenai SPC dan tempat bisnis.

Berikut Perbedaan Penggunaan Lantai Vinyl Vs Lantai SPC;

Cara Pasang / Pemasangan Lantai; Cara pasang lantai vinyl PVC ada 2 yaitu floating dengan adanya T&G (vinyl klik) dan pengeleman untuk vinyl roll, vinyl plan dan vinyl tile. Sedangkan SPC flooring hanya ada satu yaitu floating karena telah tersedia T&G disetiap plank atau tile nya akan tetapi karena ini adalah lantai vinyl terkeras maka perlu adanya underlayer (foam) bila produk yang Anda beli tidak ada.

Persiapan Subfloor; Tak banyak atau mungkin tidak sama sekali diperlukan persiapan subfloor. Lantai SPC siap terpasang juga di acian bergelombang, acian berlubang maupun diatas keramik. Lantai vinyl tetap harus menyiapkan acian yang benar-benar rata (level), keramik yang tertutup natnya maupun keharusan menutup lubang bila ada, karena lantai vinyl terlalu flexible hingga lantai bisa mengikuti bentukan lantai dasar.

“Apapun itu material lantai Anda lantai dasar yang rata tetap lebih baik di hasil akhirnya”

Tempat Peletakan Lantai; Karena lantai SPC ini memang diperuntukan sebagai lantai tempat bisnis maka lantai ini dapat diletakan hampir dimanapun di interior Anda seperti dapur, kamar mandi, basement dan lain-lain.

Dibandingkan dengan lantai vinyl PVC lantai ini cukup terbatas, ketika Anda ingin memasangnya di dapur, kamar mandi dan basement akan lebih baiknya memilih lantai vinyl yang ber T&G sebab pemasangan menggunakan lem tidak kuat dengan air juga (mudah lepas).

Harga Lantai Vinyl Per Meter

Harga per meter lantai diatas berbeda, vinyl PVC lebih murah dibandingkan dengan vinyl SPC karena ada beda signifikan pada material utamanya.

Jasa pemasangan kedua lantai tidak terlalu jauh berbeda. Waktu pemasangan akan lebih lama lantai vinyl bila menggunakan lem.

Diakhir artikel ini kami tidak bisa menentukan mana yang terbaik sebab mereka berdua memiliki kelebihannya sendiri begitu juga dengan kelemahan.

Bila Anda pebisnis atau pengusaha maka kami rekomendasikan lantai SPC ini untuk tempat usaha Anda. Dan bila Anda pemilik rumah maka kedua lantai ini bisa saja sama-sama menghiasi lantai rumah Anda sesuai dengan ruangannya.

Kami kira cukup untuk membantu Anda mengetahui beda antara dua lantai tersebut. Bila masih ada pertanyaan bisa menghubungi kami disini. Selain lantai SPC dan Vinyl kami juga menyediakan lantai kayu solid mulai dari Jati, Merbau, Kempas dan lain-lain hingga decking bengkirai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *